Cara Mudah Menanam Ketela Mukibat



Singkong Mukibat bukan hasil dari benih perkawinan silang tapi hasil dari okulasi atau penyambungan antar batang. Yang disebut kawin silang adalah perbanyakan secara generatif, yakni menyatukan polen (tepung sari, sel jantan) dari satu spesies atau varietas tanaman dengan kepala putik (sel betina) dari spesies atau varietas tanaman lain yang masih satu keluarga. Misalnya jeruk bali yang disilangkan dengan jeruk keprok yang sama-sama keluarga Citrus, tapi lain spesies, telah menghasilkan spesies baru: jeruk manis atau sweet orange. Jagung berondong, Zea mays everta, merupakan hasil kawin silang antara beberapa varietas/kultivar Zea mays.

Singkong atau ketela pohon ( Manihot esculenta ) adalah tanaman umbi-umbian berasal dari Amerika Latin, Singkong biasa tumbuh antara 1,5 sd. 3 m. maka singkong karet bisa mencapai tinggi 10 m. Daun singkong karet lebar dan lebat, sehingga memudahkan terjadinya foto sintesis. Tapi singkong karet tidak menghasilkan umbi, hanya akarnya saja yang berbentuk menggebung. Fakta bahwa singkong karet bisa berfotosintesis lebih besar dari sigkong biasa, membuat Pak Mukibat tertarik untuk melakukan Okulasi.

Pak Mukibat menyambung singkong biasa dengan singkong karet, menggunakan teknik penempelan mata tunas. Kulit yang ada mata tunasnya, dipotong segi empat dengan ukuran sama pada batang singkong biasa maupun batang singkong karetnya. Tunas pada singkong biasa dibuang, sementara tunas pada singkong karet ditempelkan pada batang singkong biasa, yang sudah dibuang mata tunasnya.

Setelah tertempel dengan posisi yang pas, mata tempel itu diikat erat dengan belahan kantung plastik bening yang ditarik hingga menjadi tali yang transparan, kuat tetapi lembut. Ikatan ini harus cukup erat, dan menutup seluruh sambungan kulit batang singkong biasa dengan singkong karet. Biasanya, dalam jangka waktu 1 sd. 2 minggu, tunas singkong karet itu akan segera tumbuh. Saat itulah sudah waktunya untuk ditanam. Penanaman idealnya pada saat musin penghujan.


Tingginya permintaan Ketela di pasaran mendorong produsen meningkatkan produksi Ketela Mukibat.

  1. Persiapan Lapangan Lahan di olah sebaik mungkin dengan cara di  bersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman, gunakan kompos bila diperlukan.
  2. Pemilihan Bibit Benih Ketela Mukibat perpaduan antara batang ketela karet dan ketela Kaspro dengan cara di sambung  dengan perbandingan 60 cm Ketela kaspro 20 cm Ketela karet.
  3. Penanaman Bibit di tanam sedalam sekitar 20 cm bagian bawah ( batang ketela kaspro ) dengan jarak tanam optimal 150x150 cm . Lubang ditutup dengan tanah tipis dan letakan pupuk dasar sekitar 10 cm dari lubang bibit, sesuai gambar :




    Jarak tanam
-      Tanaman Ketela Mukibat           : ( 150 x 150 ) cm.

-      Formasi penanaman Ketela Mukibat, sesuai pada gambar :
Gambar 2.    Jarak Tanam  bibit Ketela Mukibat

Pemeliharaan

a. Pemupupukan
   Pupuk I berumur 30 – 45 Hari setelah tanam ( HST ).
   dengan komposisi :
   Urea : 200 kg / Ha


b. Pupuk II berumur 120 hari setelah tanam dengan komposisi :
   NPK :   200 kg / Ha

   Pupuk III berumur 180 hari setelah tanam dengan komposisi:
   ZA  :   200 kg / Ha

Pemanenan
Perkiraan jadwal panen sekitar :  330 -360 hst.

Baca Selengkapnya : http://randaka.wordpress.com/2010/04/07/mukibat-penemu-singkong-mukibat/



Share this article :
 

+ comments + 1 comments

March 25, 2014 at 5:37 AM

kalo ladangnya luas, mungkin alangkah lebih baik jika ditanami jenis singkong GAJAH, hasilnya akan sangat besar dan berpuluh puluh kilo sekali panen, dan rasanya juga sangat enak. mksh

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sriwijaya-Abadi Banyuwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger